Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil dan Janin

Madu Penyubur PriaManfaat madu untuk ibu hamil dan janin sangat besar sekali. Madu merupakan cairan yang dapat menunjang kebugaran yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Sudah selayaknya bagi wanita yang tengah hamil, musti terus , karena kesehatan ibu hamil juga dapat berpengaruh kepada kesehatan calon bayi atau janinnya.
Madu kaya akan kandungan gizi seperti zat gula glukosa dan fruktosa, vitamin, riboflavin, thiamin, asam pantotenat, niasin, asam askorbat, piridoksin, asam amino, dan kandungan mineral seperti zat besi, kalsium, kalium, magnesium, natrium, phosphor, sulfut, dan mangan. Disamping itu, madu juga dilengkapi dengan keunggulan lain seperti antibiotik yang ada dalam tiap tetesnya. Itulah kenapa madu merupakan salah satu sumber energi yang amat dianjurkan bagi ibu hamil.

Penggunaan Madu Sejak Mesir Kuno

Di dalam catatan Mesir kuno ( 1553-1550 SM) madu sudah digunakan sebagai resep untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti mengobati luka, merangsang pengeluaran kemih, mengobati sakit perut dan lain sebagainya.
inilah 8 khasiat madu untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang dapat dirangkum:

1. Meringankan sakit mulas pada ibu hamil

Sakit Mulas adalah salah gangguan kehamilan yang sering terjadi. Hormon yang dilepaskan selama kehamilan menyebabkan sphincter antara kerongkongan dan lambung menjadi lembek. Ketika keadaaan seperti ini terjadi maka asam lambung kembali lagi ke kerongkongan yang menyebabkan rasa terbakar. Keadaan seperti ini bisa terjadi sampai pada bulan-bulan terakhir kehamilan.

Penyebabnya karena janin mendorong semua organ ke atas. Oleh karena itu menyebabkan rasa mulas pada ibu. Sakit mulas tersebut dapat diringankan dengan mengkonsumsi susu yang ditambah dengan madu. Percampuran antara madu dan susu bisa menetralkan kelebihan asam lambung dalam tubuh. Minum segelas susu setiap hari menjelang tidur dengan madu hamil, bisa mengatasinya.

2. Menjaga Sistim Kekebalan Tubuh

Pada masa hamil penyakit pilek bisa saja menjangkit, karena pada ibu hamil lebih rentan sistem kekebalan tubuhnya. Saat pilek, ibu hamil akan mengalami hal dimana selaput lender terjadi pembesaran yang menyebabkan sulit bernafas. Wanita hamil harus menambah asupan makanan atau minuman yang kaya serat misalnya sayuran untuk ibu hamil. Ibu hamil dapat minum teh ditambah madu untuk membantu meringankan sakit tenggorokan yang tidak nyaman.

3. Membantu Mengatasi Morning Sickness

Morning Sickness (Emesis Gravidarum) dialami oleh sebanyak 70% dari seluruh ibu hamil. Mual dan muntah pada tiga bulan pertama masa hamil menjadi gangguan juga. Pada kasus yang berat morning sickness bisa menyebabkan penurunan berat badan, kekurangan nutrisi atau komplikasi kesehatan yang serius, sehingga dapat memengaruhi pertumbuhan bayi dalam kandungan.

Dalam metode pengobatan tradisional, bagi ibu hamil yang mengalami muntah dan mual biasanya soda dan kerupuk, akan tetapi hal ini hanya sedikit membantu. Untuk itu ibu hamil dapat menyeduh jahe hangat dan madu untuk mengobatinya.

4. Meningkatkan Hemoglobin pada Wanita Hamil

Madu mengandung Fe atau zat besi yang bermanfaat untuk ibu hamil, yang mempunyai kemampuan untuk meningkatkan kuantitas eritrosit pada ibu hamil Ibu hamil sering kali mengalami anemia (kurang darah), dengan bertambahnya sel darah merah maka akan meningkatkan kadar hemoglobin.

5. Membantu Mengurangi sulit tidur bagi ibu hamil.

Diantara madu yang dapat mengurangi insomnia adalah madu. Disamping bisa menguatkan daya tahan tubuh juga dapat menyebabkan ibu hamil mudah untuk tidur.

6. Membantu Menguatkan Rahim

Madu yang berasal dari pohon apel bisa mengobati mual yang biasa terjadi pada ibu hamil. Disamping itu, madu dari pohon dapat memperkuat rahim ibu hamil. Madu dari pohon juga dapat membantu memperlancar aliran darah sehingga bisa membantu dalam mempersiapkan persalinan.

7. Mengobati Penyakit Maag Selama Kehamilan

Untuk membantu meringankan maag saat hamil, ambil kunyit segar sebesar 2 kali ibu jari dan temu putih sebanyak 1 batang. Kemudian kedua bahan ini direbus dalam 500 cc air hingga menjadi berkurang setengahnya. ambil rebusan airnya kemudian disaring setelah hangat-hangat kuku masukkan madu secara perlahan-lahan. Namun perlu diketahui terlebih dahulu bedanya mual hamil atau maag, sebelum memutuskan untuk melakukan pengobatan ini.

8. Sangat Aman Untuk Wanita Hamil

Tidak perlu takut bila ingin mengkonsumsi madu untuk wanita hamil. Di dalam jurnal Canadian Family Physician menerangkan sistem pencernaan orang dewasa terdapat bakteri baik yang dapat membentengi dari penyakit yang menyebabkan kekakuan pada otot setelah anak lahir serta berpotensi menyebabkan kematian. Akan tetapi toksin dari botulisme sendiri tidak akan sampai kepada plasenta.